Friday 11 October 2013

Sejarah Komputer dan Perkembangannya.

Komputer mungkin sudah tak asing bagi kita manusia yang lahir dan hidup di abad ke 20, karena komputer adalah sebuah mesin yang mungkin sekarang sudah menjadi kebutuhan yang primer untuk kita.
Sejarah Perkembangan Komputer


Sebelum adanya beberapa alat elektronik canggih seperti laptop dan iPad, dulu kita menggunakan komputer untuk alat mengetik, alat berhitung dan melakukan pekerjaan lainnya. Seiring berkembangnya waktu dan semakin canggih dunia elektronik, komputer pun sudah semakin berkembang mulai dari design hingga kemampuannya. Padahal Komputer dulunya digunakan sebagai alat hitung untuk membantu penghitungan angka-angkat sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi seperti saat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kini sudah mengerti kegunaan dari komputer, namun mungkin sebagian besar orang masih belum tahu tentang sejarah komputer hingga perkembangan komputer itu sendiri.

Sejarah Perkembangan Komputer

sejarah perkembangan komputer
Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan informasi wawasan seputar sejarah dan perkembangan komputer dari zaman dahulu hingga zaman serba canggih seperti saat ini. Sejak dahulu manusia memang membutuhkan alat bantu hitung. Mulai dari perbintangan, perdagangan atau pekerjaan lainnya sangat membutuhkan alat bantu hitung. Dan menurut para ahli sejarah, alat hitung yang pertama dibuat oleh manusia adalah Abacus atau Sipoa oleh bangsa China sekitar 25 ribu tahun yang lalu. Hingga saat ini sipoa masih digunakan, sedangkan bangsa peru dan inca menggunakan quipus yang berupa tali simpul dan tiap simbulnya melambangkan bilangan tertentu. Lalu setelah tahun 1642 di Perancis, Blair Pascal menciptakan sebuah mesin hitung yang hanya dapat diguankan untuk operasi hitung penjumlahan saja yang disebut Adding Machine, yang kemudian disempurnakan untuk melakukan operasi matematik yang lainnya pada tahun 1673 oleh Von Leibnitz.
Kemudian muncullah era komputer elektronik sejak ditemukannya listrik oleh M. Faraday, sehingga berkembang alat-alat yang menggunakan tenaga listrik termasuk komputer. Rancangan komputer elektronik pertama kali diciptakan oleh John Atanasoff dari AS pada tahun 1942 dan terus berkembang hingga saat ini.

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  • Menggunakan lampu tabung sebagai komponen utama
  • Ukuran per unit komputer masih sangat berat dan besar
  • Cepat panas sehingga membutuhkan alat pendingin yang banyak
  • Boros listrik
  • Proses relatif masih lambat
  • Ketepatan hasil proses masih rendah
  • Kapasitas data masih kecil
Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Komponen utama penyusun komputer adalah transistor yang lebih unggul segalanya dibanding tabung hampa namun harga jual murah, serta kelemahan pada generasi pertama dapat diperbaiki.
Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Fungsi transistor digantikan dengan IC (Integrated Circuits) atau rangkaian terpadu. Dari sekeping IC itu sendiri dapat menggantikan beberapa transistor, diode dan resistor sekaligus, sehingga dapat berkinerja lebih baik hasilnya daripada generasi sebelumnya. Meski ukuran lebih kecil, namun kecepatannya makin tinggi, kapasitas lebih besar dan memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.
Komputer Generasi Keempat (1970- )
Komponen utama komputer sudah menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang kemampuannya ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang semakin kecil.
Komputer Generasi Kelima
Saat ini para pakar komputer merancang dan memikirkan bagaimana membuat komputer dengan komponen utama, yakni AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian buatan, sehingga dapat menentukan sikap sendiri jika akan menerima data, serta hendak diapakan data itu adalah atas inisiatif sendiri dan terus berkembang hingga saat ini.

Fungsi komputer sejauh ini adalah
1. Fungsi Komputasi

Fungsi ini merupakan fungsi awal dari komputer, untuk melakukan komputasi dan pemrosesan data. Fungsi ini lebih banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi sistem informasi. Meskipun fungsi yang lain juga memerlukan proses komputasi, namun fungsi komputasi disini lebih ditekankan pada pemrosesan data-data.

.2. Fungsi Bisnes

Komputer sudah banyak dipakai untuk keperluan bisnes dan komersial. Fungsi ini diantaranya adalah untuk keperluan promosi produk (iklan). Untuk mempromosikan produk-produk dari pelaku bisnis, adanya dunia internet memperluas area promosi mereka hingga keluar negeri dengan pembiayaan yang lebih murah.

Untuk transaksi bisnes. Seperti jual beli online, semakin banyaknya web-web e-commerce memudahkan manusia untuk melakukan transaksi belanja melalui internet. Selain itu, hampir semua perusahaan sudah menggunakan komputer untuk kemudahan dalam berbisnes, seperti perusahaan travel yang telah menyediakan layanan reservasi tiket online, bank-bank menggunakan komputer untuk keperluan transaksi perbankan, dan sebagainya.

3. Fungsi Hiburan

Fungsi hiburan merupakan fungsi paling menonjol daripada komputer saat ini. Lain dengan komputer zaman dulu yang belum memiliki fungsi hiburan, namun saat ini komputer sudah tidak lepas dari fungsi hiburan. Fungsi Gaming digunakan bagi orang-orang yang senang bermain game, mulai dari game balap, advanture, ketangkasan. Apalagi dengan dukungan banyaknya jenis-jenis game yang beredar, serta dukungan game multiplayer online semakin menambah  kecanduan dan keinginan orang untuk bermain game.

Fungsi Entertainment, seperti untuk menonton film dan mendengar muzik.  Adanya perangkat tambahan seperti speaker aktif dan juga viewer lebih memanjakan para pengguna komputer untuk mendapatkan hiburan dengan menggunakan komputer. Bagi yang sudah memiliki koneksi ke internet, dapat juga mendengarkan lagu-lagu secara online dan juga boleh membelinya secara online. Banyak juga penyedia layanan menonton film secara online.
4. Fungsi Pendidikan

Fungsi komputer pada dunia pendidikan saat ini sangatlah penting. Komputer dapat digunakan untuk keperluan belajar mengajar, seperti laptop yang digunakan guru untuk menyampaikan pengajaran dikelas. . Untuk keperluan praktikum, komputer juga sangat diperlukan. Program internet untuk sekolah yang sedang dilaksanakan pemerintah juga akan lebih menambah intensitas penggunaan komputer di instansi pendidikan. Para pelajar dan mahasiswa saat ini untuk mengerjakan tugas juga menggunakan komputer. Untuk melakukan penelitian, komputer dapat digunakan untuk pemrosesan data yang lebih cepat dan tepat.

5. Fungsi Pemerintahan

Pemerintah sudah mulai menerapkan sistem E-Government, dimana setiap daerah, instansi pemerintah sudah memiliki sistem informasinya masing-masing, atau yang lebih dikenal dengan E-Government. Kini, penggunaan komputer sudah menjadi kewajiban bagi setiap komponen-komponen pemerintahan. Penerapan E-government ini tentunya untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Seperti pembuatan KTP online, investasi bisnis yang lebih menjanjikan, komunikasi antara daerah lebih meningkat, dan lain sebagainya. Badan pemerintah telah melakukan komputerisasi untuk semua kegiatan mereka, pemantauan cuaca dan lainnya dapat dengan mudah dilakukan dengan penggunaan komputer.

Cara Merakit komputer sederhana.

Dengan memadukan antara pengalaman dan bahan referensi, baik dari buku, majalah, maupun tabloid komputer, penulis menyajikan buku “Belajar Merakit Komputer“ ini dengan langkah-langkah pembahasan secara sistimatis, dilengkapi dengan contoh-contoh gambar yang dapat membantu di dalam mempelajari maupun merakit komputer pribadi.
Buku ini merupakan revisi yang ketiga. Revisi yang dilakukan meliputi:penyesuaian, perbaikan dan penambahan materi, gambar-gambar, dan sistematika penulisan. Dengan demikian pembaca akan memperoleh pembahasan yang lebih lengkap, jelas dan sistimatis sesuai perkembangan komputerisasi dewasa ini.
Semoga buku ini akan bermanfaat bagi seluruh pembaca, serta dengan harapan akan menjadi setitik sumbangan keilmuan di antara limpahan ilmu pengetahuan yang beragam.
Materi yang dibahas pada buku ini
BAGIAN 1:  MERAKIT KOMPUTER
Mengenal Perangkat Keras Komputer
A.   Alat Input
B.   Alat Proses
C.    Alat Output
D.   Alat Penyimpanan
E.   Alat Optional Komputer
Merangkai Perangkat Keras Komputer
A.   Mengenal Layout Motherboard
B.   Teknik Dasar Merangkai Perangkat Keras Komputer
C.    Memasang Perangkat Optional Komputer
Melakukan Setup BiOS
A.   Mengenal Setup BIOS
B.   Masuk ke Award BIOS
C.    Menu Utama Award BIOS
:.. Membuat Partisi Harddisk
A.   Membuat Harddisk Satu Partisi
B.   Membuat Harddisk Dua Partisi
Meng-Install Microsoft Windows XP
Langkah-langkah Pokok Merakit Komputer

BAGIAN 2: MENG-INSTALL PROGRAM KOMPUTER
Utility Hardware
A.   Sound Onboard
B.   Printer
C.    Scanner
D.   CD RW Drive
E.   Camera WEB
Microsoft Office
A.   Microsoft Office 2003
B.   Microsoft Office 2007
Desain Grafis
A.   Corel Draw
B.   Adobe Photoshop
Multimedia
A.   WINAMP
B.   Power DVD
Program Internet
A.   mIRC
B.   Opera
Utility
A.   WinRar
B.   CD R Label
AVG Antivirus
Font

BAGI AN 3: INTERNET DAN E-MAIL
Mejelajahi Dunia Internet
A.   Mengenal Internet.
B.   Meng-Install Modem.
C.    Mendaftar ke ISP
D.   Membuat Dial-Up Connection
E.   Melakukan Koneksi
F.    Melakukan Browsing
G.   Mengunjungi Berbagai Situs
H.   Menyimpan Halaman Web
I.     Mencetak Halaman Web
J.    Mengenal Mesin Pencari
K.   Memilih Bahasa Pengantar
L.    Menggunakan Mesin Pencari
M.  Mencari Photo atau Gambar
N.   Menutup Program Browser
O.   Memutus Koneksi

E-Mail dengan Telkom.Net
A.   Membuat E-Mail
B.   Mengirim E-Mail
C.    Membuka E-Mail
D.   Membalas E-Mail.
E.   Mencetak E-Mail
F.    Mengurutkan E-Mail
G.   Menghapus E-Mail.

BAGIAN 4: MEMBUAT JARINGAN KOMPUTER
Mengenal Jaringan Komputer
A.   Pengertian Jaringan Komputer
B.   Protokol Local Area Network
C.    Perangkat Local Area Network

Menginstalasi Perangkat Local Area Network
A.   Memasang Perangkat LAN
B.   Meng-Install LAN Card

Mengonfigurasi Jaringan
A.   TCP/IP Jaringan
B.   Workgroup Jaringan

Menjalankan Network Setup Wizard
Sharing Komputer Jaringan
A.   Drive dan Folder
B.   Printer
C.    Koneksi Internet

BAGIAN 5: MASALAH DAN PENANGGULANGAN DASAR
Mengenal Masalah dan Penanggulangan Dasar
A.   Kabel
B.   Bahaya Panas terhadap Komputer
C.    Memeriksa Memori.
D.   Masalah Harddisk
E.   Masalah Floppy Disk Drive
F.    Proses Baca CD-Rom
G.   Masalah Monitor
H.   Sumber Masalah Printer
I.     Virus Komputer

BAGIAN 6: TIP
Aneka Tip
A.   Memilih Perangkat Komputer
B.   Membakar CD
C.    Transfer Photo dengan Card Reader
D.   Dual Sistem Operasi Windows.

referensi :
BELAJAR MERAKIT KOMPUTER REVISI KETIGA
Penerbit : INFORMATIKA
Penulis : Atang Gumawan
Tahun Terbit : 2009
Tebal Buku : 400 Halaman
Kategori : Uncategories / Komputer
Berat Buku : 0.43 Kg
Harga : Rp. 36,000


No comments:

Post a Comment