Tugas Softskill 1
Nama :
Afriyanto Dwi Purnomo
NPM :
50412312
Kelas : 4IA25
Pegantar Bisnis Infomatika,
1.
Profil Perusahaan Kaskus.
Kaskus adalah situs forum komunitas
maya terbesar dan
nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang
sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika
Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus
memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal
dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun
di luar Indonesia.
Kaskus,
yang merupakan singkatan dari Kasak
Kusuk, bermula dari sekadar hobi
dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus
dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga
bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.
Menurut Alexa.com,
pada bulan Juli 2014 Kaskus berada di peringkat 285 dunia dan menduduki
peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Pada
tanggal 26 Mei 2012, Kaskus mengalami
gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012, Kaskus berpindah
domain yang mulanya berdomain .us sekarang menjadi .co.id dan .com
KASKUS
didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang
sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi
tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan
mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita
Indonesia yang diterjemahkan.
Di
tahun 2006 KASKUS terpaksa berubah domain dari .com menjadi .us karena
penyebaran virus Brontok yang menyerang situs-situs besar Indonesia termasuk
KASKUS. Sejak saat itulah alamat situs KASKUS berubah menjadi kaskus.us, yang
juga sekaligus mengartikan bahwa KASKUS adalah us atau kita.
Pada
tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan
untuk mengelola KASKUS secara profesional. Situs KASKUS, personel &
infrastuktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini.
Di
Indonesia, kantor KASKUS pertama berlokasi di daerah Mangga Besar, yang dibantu
dengan 2 orang tenaga profesional. Dibawah naungan PT. Darta Media Indonesia,
langkah pertama yang dilakukan KASKUS adalah melakukan rebranding. Mematuhi UU
ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) yang berlaku dan
mendorong perilaku berinternet sehat, KASKUS mengambil langkah serius untuk
menutup dua forum kontroversial yaitu BB17 (Buka-Bukaan 17 Tahun) dan Fight
Club. Langkah tersebut diapresiasi baik oleh pengguna internet Indonesia, hal
ini ditandai dengan meningkat pesatnya member KASKUS hingga 300% dengan jumlah
member sebanyak 1,2 juta.
Di
tahun 2009, untuk mengimbangi kebutuhan akan hal ini, maka kantor KASKUS pindah
ke daerah Melawai. Disini tenaga profesional KASKUS bertambah hingga lebih dari
60 orang.
Sejak
tahun 2009, KASKUS menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. KASKUS
menerima banyak penghargaan diantaranya “The Best Innovation in Marketing” dan
“The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest
Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. KASKUS dengan bangga
berada di peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal
nomor 1 di Indonesia, menurut Alexa.
Tahun
2011 KASKUS memulai kemitraannya dengan Global Digital Prima, sebuah perusahaan
Indonesia yang berfokus untuk mengembangkan industri digital dan konten lokal
Indonesia. Kemitraan ini mendorong pertumbuhan KASKUS yang lebih besar lagi,
baik dari sisi infrastuktur, tenaga profesional & jaringan bisnisnya dalam
usaha menjadi situs lokal nomor 1 di Indonesia serta pemain global online di
dunia. Mengimbangi ekspansi, KASKUS pun memindahkan kantor utamanya ke Menara
Palma dan menamakannya KASKUS Playground.
Tanggal
26 Mei 2012 menjadi saksi perjalanan KASKUS dimana KASKUS kembali menggunakan
alamat situs resmi kaskus.com dankaskus.co.id, ini dilakukan untuk kembali memperkuat citra
KASKUS sebagai situs yang bervisi global namun tetap memiliki identitas
Indonesia.
Agar
senantiasa relevan dengan tren dunia digital, pada Mei 2014 KASKUS kembali
meluncurkan versi baru yang dinamakan KASKUS Evolution. Pada versi ini KASKUS
tampil lebih fresh, classy dan clean. Membuat navigasi yang lebih intuitif,
fitur search yang lebih berkualitas di Forum serta Forum Jual Beli (FJB). Ini
dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan member KASKUS yang telah mencapai lebih
dari 7,8 juta member.
2.
Produk Kaskus.
·
Forum
Kaskus memberikan atau menyediakan wadah bagi berbagai komunitas di
bawah naungan kaskus untuk forum, baik forum tanya jawab, hobi, dan sebagainya.
Selain forum terebut juga terdapat forum tiap regional kota di kaskus. Beberapa
diantaraya adalah:
·
KasPay
Ada
sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran
secara ''online'' yang disebut KasPay. Layanan tersebut telah diluncurkan
pada Jumat 6 November 2009, pada
acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The East Euilding, Kuningan,
Jakarta. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi
dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.
Kaspay
akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan alat untuk
transaksi jual beli di seluruh transaksi online.
Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari
modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu
dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.
·
E-Pulsa
e-pulsa adalah
sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika
kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan
operator didukung di Kaskus e-pulsa.
·
Kaskus
ads
Layanan Kaskus yaitu Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah situs di mana
jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa menempatkan iklan tersebut, tetapi
kita harus membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads banyak sekali orang atau
pengguna kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya murah dan karena
Kaskus mempunyai (sekarang) lebih dari tiga juta pengguna.
3. Ruang
Lingkup Kaskus
Forum
tempat para pengguna Kaskus dapat berkomunikasi maupun berkumpul satu sama lain
yang masih berdomisili di wilayah yang sama.
Regional
memiliki sub-forum sebagai berikut:
4.
Omset
Kaskus
Kini, kaskus telah memiliki 35 karyawan.
Andrew enggan membuka rahasia penghasilan iklan kaskus. Namun, pada akhir 2008,
rata-rata pendapatan iklan kaskus sudah Rp 2-3 miliar per bulan. “Dulu
kendaraan operasional perusahaan itu angkutan umum. Sekarang sudah punya satu
mobil, meski kantornya masih sewa,” tutur Andrew lantas tertawa.
Dengan potensi besarnya, kaskus telah lama
menjadi lirikan investor asing. Raksasa Google dan Yahoo! Dikabarkan telah
menawar kaskus senilai USD 50 juta (sekitar Rp 475 miliar). Tawaran itu
ditampik mentah-mentah oleh Andrew. “Sebenarnya kalau ada yang berani membeli
USD 60 juta saja, saya lepas,” canda pria kelahiran 20 juli 1979 ini.
Andrew tidak memungkiri tawaran yang datang
nilainya sangat besar. Meski Demikian, dia harus melihat visi dan misi
perusahaan yang membelinya. “Kalau ternyata visi misinya beda, lebih baik tidak
dijual,” katanya.
Bagi Andrew, melepaskan kaskus boleh jadi
seperti melepaskan sebagian hidupnya. Selama 10 tahun tinggal di Amerika
serikat, pria yang terbilang tampan ini hanya bergaul dengan Komputer dan
internet, tanpa sempat pacaran. “Lagi pula Seattle itu lebih sering hujan, jadi
untung bagi orang yang lebih suka di dalam rungan seperti saya,” katanya sambi
terkekeh.
Tetapi Di akhir tahun 2012 kemarin, sebagian
saham kaskus sempat di beli oleh Putra Taipan Orang terkaya No.1 di Indonesia,
Namun kabar nya masih dalam proses Negoisasi.
No comments:
Post a Comment